Monday, September 29, 2014

Ketika Mereka Mempelajari Kita
Rohmatullah.com - Berbicara soal budaya, aku kira budaya merupakan faktor teratas untuk menentukan bagaimana identitas suatu bangsa, karena dengan budaya segala hal yang terdapat dalam sebuah bangsa dapat terbentuk secara nyata. Melihat bagaimana budaya negara sendiri adalah hal yang biasa, namun adalah hal yang tidak biasa bagi mereka yang belum pernah sama sekali melihatnya, alias orang asing (baca: bule). Dan aku jadi teringat sebuah kata kata yang berkalimatkan "Rumput tetangga nampak selalu lebih hijau".

Dan tak bisa dipungkiri lagi, hal itu memang benar adanya. Namun aku yakin, rumput tetangga yang nampak lebih hijau tersebut tidak selalu dikarenakan posisi kita sebagai orang lain, tetapi hal yang dianggapnya hijau tersebut memang benar-benar hijau. Dan itulah kelemahan kita sebagai bangsa Indonesia, termasuk aku sendiri, yang begitu mendewakan budaya luar sedangkan budaya negeri sendiri ditinggalkan. Semoga gambar dibawah ini menyadarkan kita.

Para bule begitu menikmati memainkan angklung di Saung Angklung Udjo, Bandung

Ketika sekumpulan pemuda Jepang mempelajari alat musik Indonesia.

Sanggar gamelan di Jepang

Mahasiswa Korea sedang membuat janur

Ketika kita mengelu-elukan dance ala KPOP, mereka pemuda Korea belajar tari saman.

Memang... Antar dua negara perlu melakukan pertukaran budaya, namun yang aku lihat budaya Korea dan negara lainnya jauh lebih booming ketimbang budaya Indonesia di Korea, jadi tidak adil. Parahnya lagi, budaya Korea lebih digandrungi ketimbang budaya negeri sendiri. Seharusnya memang informasi seperti ini tidak perlu aku bagikan karena terkesan seperti bangga berlebihan dan menggurui, tapi melihat kenyataan yang dimana sebagian besar nasionalisme pemuda Indonesia lemah dan hanya kuat ketika timnas menang, aku mencoba membagikan gambar-gambar yang semoga bisa menyadarkan dan 'menyentil' diri kita ternyata mereka yang orang asing lebih Indonesia ketimbang kita.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Rohmattullah
+62857-1598-3737 (WhatsApp)
Bogor, Indonesia

Tetap Terhubung