Mengapa Musik Indonesia Tidak Lebih Maju dari Korea?

2 comments
Rohmatullah.com - Sebagai orang Indonesia sudah seharusnya kita semua mendukung musik Indonesia untuk kemajuan industri musik kita. Ketika saya melihat begitu booming nya musik Korea dimana-mana, termasuk di Indonesia, saya bergegas untuk mencari tahu lebih dalam bagaimana bisa musik Korea berkembang begitu cepat, padahal menurut saya musikalitas band, boyband, atau penyanyi Korea biasa saja. Saya melihat ini bukan karena saya orang Indonesia dan menilai hal ini dari kacamata yang netral. Entah mengapa sampai sekarang saya masih heran kenapa musik Indonesia tidak bisa mendunia, jika pun ada, saya rasa masih belum maksimal seperti halnya para musisi Korea.

Musik Indonesia
Mengapa Musik Indonesia Tidak Lebih Maju dari Korea?

Namun pastinya perjuangan musisi Indonesia yang telah berhasil menjual karyanya hingga ke luar negeri patut diapresiasi. Indonesia adalah negara seni, negara yang penuh dan kaya akan budaya, musik, dan keragaman lainnya, tapi kenapa musik Indonesia belum bisa mendunia? Menurut saya, beberapa hal yang membuat musik Indonesia dengan kualitasnya yang sebenarnya baik ini belum bisa mendunia karena :

1. Musisi Indonesia terlalu fokus dengan pasar DALAM NEGERI, merasa rendah dan menganggap musik Korea, Amerika, dan sejenisnya lebih baik. Kalaupun ada yang berani ke luar negeri, tidak jauh dari pasar Malaysia, Singapore, Brunei, atau Hongkong yang notabene banyak TKI yang bermukim di negara-negara tersebut.

2. Rakyat banyak lebih suka musik luar negeri karena sebagian besar musisi Indonesia selalu menciptakan lagu TENTANG CINTA. Karena faktor inilah yang mungkin membuat masyarakat selain merasa jenuh, juga agak geli mendengar lirik lagu tentang cinta-cintaan.

3. Promosi yang sebatas DALAM NEGERI, lagi-lagi harus saya katakan dalam negeri kembali. Memang tidak mudah untuk menggaet pasar luar negeri, apalagi Amerika. Namun jika ada pihak belantika musik Indonesia yang kreatif, pasti musik Indonesia bakal mendunia, seperti apa yang telah berhasil dilakukan oleh berbagai pihak di dunia musik Korea.

4. Karena negara Indonesia kurang begitu dikenal, mungkin karena bukan negara maju, sehingga banyak orang di negara lain tak mau tahu tentang musik Indonesia.


Penyebab KPOP Lebih Maju Dibanding Musik Indonesia versi Rohmatullah.com :

1. Pemerintah atau pihak musik Korea berpromosi secara besar-besaran melalui media online, khususnya Youtube, contoh saja 'PSY - Gangnam Style' yang hingga kini sudah menembus milyaran view di Youtube.

2. Musikalitas Korea biasa saja, lagu Indonesia lebih enak didengar dengan alunan nada yang indah. Tapi, kebanyakan lagu Korea berjudul bahasa inggris untuk menggaet pasar luar negeri.

3. Video klip penyanyi atau boyband Korea sangat mewah dan kreatif, didukung dengan kualitas gambar HD.

4. Ketampanan dan kecantikan penyanyi atau boyband Korea menjadi daya tarik luar biasa.

5. Fashion penyanyi Korea sangat eksentrik dan berbeda dibanding penyanyi dari Amerika dan Eropa.

6. Dance yang energik.

Apa sih yang kurang dengan lagu Laskar Pelangi, Sempurna, Jangan Menyerah, Semua Tentang Kita, Oemar Bakri, dan lagu Indonesia lainnya? Coba bandingkan dengan lagu Mr. Simple atau lagu Korea yang lain, lebih enak mana? Sangat mubazir......... Karya seni Indonesia yang begitu indah tidak bisa dikenal dunia. Seni tidak akan bisa menipu hati siapapun, tetapi fisik bisa.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

  1. Sama sama bagus.. tak boleh dibandingkan krna kerja keras orang tak ada bandingannya. Itu saja.

    BalasHapus
  2. Iya emng miris bngt liat musik indo.apalagi dangdut yg gk guna ...kenapa gk dihapus aja tuh dangdung.

    BalasHapus